Arti Event Organizer dan Tips Kiat Sukses Membangun Sebuah EO

Event Organizer atau biasa disebut EO. adalah phrase bahasa inggris yang artinya "Penyelenggara Acara", seperti Wedding organizer, yaitu jasa penyelenggara acara pesta perkawinan, atau free 7 network event organizer menawarkan jasa pembuatan web design, SEO, dan blogging, dan lain-lain. Dan memang kenyataannya dewasa ini jasa sebuah EO ini semakin banyak dibutuhkan seiring dengan makin pesatnya pertumbuhan penduduk yang artinya juga semakin banyak acara yang dibuat oleh manusia dengan keperluannya masing-masing, dan peran para profesional tentunya sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Berikut arti event organizer yang saya kutip dari wikipedia .

"Penyelenggara acara (Inggris:Event organizer) adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Meski bisa dialihbahasakan, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Atau untuk mudahnya disebut EO Pada dasarnya, tugas dari EO. adalah membantu kliennya (client) untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien, namun penggunaan jasa EO. juga dimungkinkan dengan alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri.
Menurut buku, "EO, 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event Organizer" ditulis oleh professional Event Organizer, Yudhi Megananda, EO dalam konteks sebagai sebuah bisnis memiliki definisi sebagai berikut : Usaha dalam bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh clientnya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dengan membuat acara."

Tips Kiat Sukses Membangun Sebuah EO (Event Organizer)

Berikut sebuh tips yang bermanfaat bagi siapa yang ingin atau punya keperluan untuk membangun serta mengembangkan sebuah jasa EO

Dalam melaksanakan suatu acara, tujuan utama sebuah Event Organizer tentunya memuaskan kliennya, untuk itu dibutuhkan sikap profesional dari Event Organizer sehingga klien merasa puas karena kesuksesan acara mereka.

Agar acara yang loe buat bisa sukses seperti buatan Event Organizer, berkut ini beberapa tips yang harus anda simak:

Berhasil tidaknya sebuah Event Organizer ditentukan oleh adanya persiapan yang matang. Acara yang memang sudah dipersiapkan sjak dini, tentu berbeda dngan acara yang persiapannya secara menddak. Agar acara yang dibuat dapat berjalan sesuai rencana, maka waktu persiapan juga sangat menentukan, lama tidaknya waktu persiapan juga ditentukan oleh besar kecilnya sebuah acara.

Melalui konsep yang baik tentunya turut merperlancar dan mensuksesan suatu acara. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pembuatan konsep suatu acara.

Dalam membuat konsep Event Organizer dibagi menjadi tiga bagian:

1. Konsep baku, di mana konsep ini sebelumnya telah dibuat oleh perusahaan yang bersangkutan, sehingga tinggal melaksanakan saja. Event Organizer
2. Konsep baru, semua konsep acara dirancang sendiri kemudian dipresentasikan kepada klien (perusahaan). Event Organizer
3. Kombinasi. Ini berarti kita dengan pihak perusahaan mengadakan sharing bagaimana acara itu akan dibuat.Event Organizer

Terakhir dan yang paling urgent untuk mengadakan suatu event organizer adalah budget, karena besar kecilnya budget perusahaan sangat menentukan bagaimana acara itu akan berlangsung. Kalau budget perusahaan tersebut besar, tentunya acara bisa dibuat sebaik dan sebagus mungkin. jika dana terbatas tentunnya acara dibuat sehemat mungkin tanpa menghilangkan tujuan dari dibuatnya acara tersebut - dikutip dari : http://kerockan.blogspot.com/2010/10/3-konsep-dibalik-sukses-sebuah-event.html

Arti event organizer kurang lebih mirip seperti arti seorang teman yaitu sebagai partner untuk mengerjakan berbagai pekerjaan.

1 comments :

  1. sangat membantu artikelnya gan....
    http://uncensor13.blogspot.com/

    ReplyDelete